Jumat, 30 November 2012

Sapaan akrab untuk orang Bali


Bali memang sangat terkenal dengan adat-istiadat dan keindahan pulaunya. Bali tidak hanya dikenal didalam negeri khususnya Indonesia. Apabila anda jalan-jalan keluar negeri dan ada penduduk lokal disana bertanya anda darimana, saat anda menjawab bahwa anda turis dari indonesia mungkin ia akan bergumam “ehmm..Bali?”
. karena tidak sedikit negara luar yang mengadakan touring ke Bali sehingga saat mendengar kata Indonesia yang muncul dibenaknya adalah Bali, pulau yang sering dijuluki pulau surga oleh orang-orang yang pernah berkunjung kesana. Nah disini saya akan membahas sedikit dari sekian banyak keunikan budaya yang ada di Bali, yaitu sapaan umum yang digunakan oleh masyarakat Bali umumnya yang ber-etnis Bali baik didalam maupun diluar Bali.

Sapaan yang biasa diberikan oleh orang yang lebih kecil kepada yang lebih tua dan sebaliknya. Diantaranya:

·         Sapaan “Bli” untuk setiap pria yang ditemui. Terlepas itu benar atau salah, orang Bali tidak pernah mempersalahkan. Mereka lebih cenderung untuk menghargai pengunjung yang berusaha “menghormati” dengan sebutan yang lebih akrab seperti “Bli”

·         Sebutan “Mbok” diberikan untuk wanita Bali.

·         Sapaan “Adi/adik” atau menyebut nama langsung diberikan kepada wanita ataupun pria yang lebih muda.

Selain itu ada panggilan akrab yang sering didengar untuk memanggil orang Bali yang masih kecil, anak remaja atau lebih muda diantaranya:

·         Panggilan “Gus” untuk laki-laki. Gus ini bersumber pada kata “Bagus” yang artinya tampan atau ganteng.

·         Panggilan “Gek” merupakan singkatan dari “Jegeg” yang artinya cantik atau ayu.

Bila kita melihat maksud dan tujuan dari penyampaian yang tersirat dalam budaya masyarakat asli Bali, ada pelajaran yang dapat kita ambil didalamnya, yaitu kita harus selalu dapat menghormati kepada yang lebih tua. Dengan kata lain budaya merupakan pembeljaran norma-norma kehidupan yang tidak terlepas daripada apa yang diajarkan oleh Tuhan kepada kita dalam hidup dialam semesta ini.

Demikian penjelasan saya tentang “Sapaan akrab untuk orang Bali” semoga bermanfaat buat rekan-rekan yang membacanya. Apabila ada kekurangan dalam penjelasan ini, saya menerima kritik dan saran dari rekan-rekan sekalian. Terima kasih.

Sumber:  www.cakepane.blogspot.com (dengan perubahan seperlunya)

2 komentar:

Source: http://ketutsujane.blogspot.com